Welcome


   

TIPS Persiapan Mudik Lebaran membawa Keluarga dengan Mobil Pribadi

Hari Raya di pastikan banyak masyarakat yang akan merayakan momen lebaran tersebut di kampung halaman. Beragam fasilitas transportasi di pergunakan, agar bisa sampai ke rumah untuk bisa berkumpul dengan orang tua, sanak saudara. 

Sebagian masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halaman bersama keluarga. Mudik dengan kendaraan sendiri bisa menjadi alternatif untuk bisa bersama-sama keluarga melakukan perjalanan mudik, bisa menghemat biaya dan bisa mengatur waktu perjalanan sendiri. 


persiapan mudik lebaran


Yang perlu di pertimbangkan resiko yang bisa mengancam keselamatan jiwa selama menggunakan kendaraan pribadi adalah sebisanya memahami rute atau tujuan perjalanan menuju kampung halaman, macet di jalanan, faktor kelelahan dan sebagainya.

Berikut simak beberapa tips pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi agar aman dan nyaman selama perjalanan mudik;

Persiapkan Kondisi Kendaraan
Usahakan membawa kendaraan dengan ukuran kabin yang besar dan jumlah penumpang dan barang tidak melebihi kapasitas yang di tentukan, agar selama perjalanan kondisi badan tetap sehat dan nyaman. 

Periksa kondisi kendaraan dengan melakukan service, memeriksakan kendaraan memang betul betul layak untuk di pergunakan perjalanan jauh.
Lakukan service seperti ganti oli, filter, minyak rem, kondisi AC, timing belt, periksa kembali permukaan ban dan tekanan angin, pastikan wiper berfungsi dengan baik.

periksa kondisi kendaraan ke bengkel


Persiapkan Makan dan Minum
Persiapkan makanan dan minuman di dalam kendaraan agar terhindar dari lapar dan haus selama perjalanan. Apa lagi mudik bersama anak-anak atau balita, pastikan tersedia makanan yang cocok buat kebutuhan mereka, seperti susu dan makanan ringan.

Dengan memiliki bekal makanan dan minum bisa mengantisipasi selama perjalanan panjang, apabila terjadi kemacetan di jalan, tidak tersedia pusat perbelanjaan.


agar nyaman selama perjalanan


Persiapkan Uang Secukupnya
Persiapkan uang secukupnya di dompet, perkirakan jumlah uang yang akan di perlukan selama menempuh perjalanan mudik. Untuk membeli Saldo Tol, Membeli bahan bakar, membeli oleh-oleh dan biaya tak terduga lainnya.

Siapkan kartu pembayaran gerbang tols



Perlengkapan Anak-anak
Yang tak kalah pentingnya bila melakukan perjalanan mudik dengan anak-anak, harus menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan mereka selama baik selama menempuh perjalanan maupun setibanya kampung halaman nanti.

Seperti stok pakaian ganti di mobil, pempers,  handuk, permainan atau buku -buku yang bisa membantu mereka untuk tetap rileks dan nyaman selama perjalanan.

Jika membawa anak umur 12 tahun ke bawah, jangan menempatkannya di kursi depan, dan siapkan boosterseat khusus untuk anak-anak.

Jangan di pangku karena akan kurang nyaman dan aman buat anak-anak dan orang tua yang memangku nya.


Sediakan TOOL dan Perlengkapan Kesehatan
Periksa dan lengkapi peralatan atau tool pendukung di kendaraan anda, seperti kunci roda, ban cadangan, dongkrak, kunci 6-24, obeng dan juga kompresor kecil. Persiapkan juga kelengkapan P3K yang tersedia dalam satu kotak, sehingga mudah di jangkau bila di perlukan.

Penggunaan GPS 
Sebelum memulai menempuh perjalanan, sebaiknya pahami terlebih dahulu rute atau jalur perjalanan yang akan di tempuh, ketahui jalur alternatif, betul-betul pastikan agar tidak salah mengambil jalur, dan akan menghambat perjalanan anda. 

Bila menggunakan GPS, sebaiknya handphone di letakkan pada phone holder di atas dahsboard mobil, agar tidak mengganggu konsentrasi selama mengemudi.

Untuk pengendara jangan menggunakan HANDPHONE SMS, atau telepon sambil mengemudi, bila memang diperlukan untuk menggunakannya, ambil waktu untuk menghentikan kendaraan ke tempat yang aman.  

Jaga Konsentrasi dan Stamina Tubuh
Selama berkendara, pengemudi sama sekali tidak boleh mengantuk, terlalu lelah atau terlalu rileks atau santai. Pastikan stamina tubuh anda betul-betul sehat sebelum dan selama menempuh perjalanan mudik.

Karena semua itu bisa menghilangkan daya konsentrasi yang tentu membahayakan aktivitas di jalan raya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.


"Jangan EGOIS selama menempuh perjalanan, sabar dan patuhi rambu-rambu lalu Lintas"

Semoga perjalanan mudik anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan ke kampung halaman, maupun pulang kembali kerumah masing-masing. Terima kasih.

0 Response to "TIPS Persiapan Mudik Lebaran membawa Keluarga dengan Mobil Pribadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel