Welcome


   

Etika Bijak Menggunakan Media Sosial | Myworksonblog

Media sosial saat ini sebagai sarana yang di pergunakan untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, untuk mendapatkan hubungan pertemanan, melakukan usaha secara online, dan masih banyak lagi penggunaannya

Dari semua kelebihan yang di miliki oleh media sosial, tentunya ada kekurangan dan resiko yang di miliki. Banyak cerita yang menjadi masalah atau bahkan membawanya ke jalur hukum, karena pemicu nya dari media sosial.

harus berhati hati dan bijak menggunakan nya

Bijaklah dalam menggunakan media sosial, pastikan anda bisa memahami tujuan anda menggunakan sosial media tersebut. Berikut beberapa aturan yang aman untuk menggunakan media sosial;

Lakukan unfriend atau putuskan hubungan pertemenan, atau lakukan postingan dari teman-teman yang tidak bisa mengikuti aturan di media sosial. Follow teman-teman yang sudah anda kenal dan bisa di percaya.

Pikirkan segala sesuatu nya sebelum anda memposting  atau melakukan repost, apakah memberikan dampak negatif atau pengaruh buruk untuk anda atau  terhadap orang lain.

Pastikan anda menyeleksi dan selalu berhati-hati terhadap orang yang mengajak berteman. Pertimbangkan terlebih dahulu profil atau latar belakang orang tersebut.

Beberapa link akan membawa anda ke situs yang kurang baik dan tidak mendidik buat anak-anak terlebih lagi, atau situs yang menyebarkan virus. Intinya jangan langsung percaya terhadap link atau alamat yang terhubung ke suatu website atau artikel sering di bagikan.


Beberapa etika bijak dan cerdas 

Berikut etika bersosial media dengan cara yang bijak dan cerdas, agar tidak menimbulkan permasalahan;

1. Jaga Perkataan 
Hindari postingan dengan berkata kasar, atau menyampaikan pernyataan SARA, emosional dengan kata-kata kotor yang bisa menyebabkan orang lain akan tersinggung dan marah, bahkan hal yang paling buruk bisa di proses ke meja hijau.

2. Hindari Berbagi Informasi Pribadi
Usahakan untuk tidak memberikan informasi identitas pribadi anda secara mendetail kepada orang yang tidak anda kenal, seperti alamat rumah, kantor tempat anda bekerja, lain hal nya kalau anda berbisnis online. 

4. Selektif dalam Memposting
Selektif dan berhati-hatilah dalam memposting photo-photo buah hati anda, supaya tidak di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Mendampingi Anak
Dampingilah anak-anak dalam menggunakan media sosial dan pastikan untuk memilih dan memilah teman-teman yang  anda ketahui, dan ketahui situs apa saja yang mereka buka.

Bila ada media sosial di sekolah anak anda, bergabung lah dengan media sosial tersebut yang di kelola oleh sekolah, sehingga anda akan mengetahui perkembangan dan kegiatan serta bisa mengontrol siapa saja yang menjadi teman 

Untuk anak-anak pilih salah satu aplikasi favorit mereka yang bisa membantu belajar, yang bisa mendorong anak-anak untuk belajar bersama satu sama lain.

5. Kepercayaan Kepada Anak
Beri ruang anak untuk menggunakan akun yang di sukai nya, tetapi anda harus tetap mengawasi dan memastikan apakah ada hal-hal yang negatif mereka lakukan.

Meskipun anda khawatir akan tetapi tetap berikan kesempatan untuk mereka berkembang, jaga komunikasi, berikan kepercayaan kepada mereka bahwa anda siap menerima dengan tangan terbuka bila mereka membutuhkan bantuan anda.

Semoga artikel etika bijak menggunakan media sosail bisa bermanfaat. Terima kasih 


Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel