Welcome


   

Saat Bepergian Manfaatkan Aplikasi PerduliLindungi untuk Pantau COVID-19

Anda berencana akan bepergian ke suatu daerah di Indonesia? Ada beberapa persyaratan yang harus di persiapkan.

Selama masa pandemi Covid-19 ini banyak persyaratan yang harus di penuhi sebelum anda melakukan rencana keberangkatan. 



                     Covid-19

Syarat dokumen perjalanan harus menyertakan Hasil Rapid test, Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan surat tugas dari perusahaan bila melakukan perjalanan dinas.

Ada aplikasi yang di kembangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) yang bisa anda gunakan ketika sedang melakukan berpergian ke suatu daerah di Indonesia.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi ini melalui koneksi bluetooth yang aktif pada jangkauan radius bluetooth yang juga terdaftar pada Aplikasi PeduliLindungi.

Ketika bepergian waktu yang lalu, di bandara sebelum keberangkatan kita akan di minta untuk menginstal aplikasi PeduliLindungi ini, agar dapat mengetahui kondisi dan status COVID-19 pada daerah tujuan kita.
Baca Juga:

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi saat Bepergian


Aplikasi PeduliLindungi di rancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk di pergunakan oleh Kementerian Kesehatan serta Gugus Tugas dalam mengatasi Pandemi COVID-19 di Indonesia dan aplikasi PeduliLindungi baru saja di update pada tanggal 19 Juni 2020 lalu. 

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.


PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Data anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan hanya akan diakses bila anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Cara Instal Aplikasi PeduliLindungi pada Ponsel


Ada beberapa langkah untuk menginstall aplikasi PeduliLindungi pada ponsel anda, format aplikasi ini adalah APK, simak berikut ini;
  • Pastikan ponsel anda terkoneksi dengan Internet
  • Buka aplikasi playstore pada ponsel anda
  • Pada daftar aplikasi, lalu cari Aplikasi PeduliLindung Kominfo
  • Klik menu Install
  • Tunggu sejenak Proses install sedang di lakukan 
  • Lanjutkan dengan mengikuti perintah yang di Minta 

          Virus corona 19


Lindungi diri Anda dari penyebaran Virus Corona 19, jaga kebersihan, jaga jarak dan slalu menggunakan masker pelindung mulut dan hidung.

Partisipasi kita sangat berarti untuk menghentikan penularan dan penyebaran virus corona di Indonesia.

Sekian artikel tentang Saat Bepergian Manfaatkan Aplikasi PerduliLindungi untuk Pantau COVID-19 , semoga memberikan manfaat, terima kasih.


Refrensi :
Situs PeduliLindungi.id
Aplikasi Store, Google PlayStore PeduliLindungi
Sumber Situs Kementrerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel