Welcome


   

Mengenal Jenis dan Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Buah semangka tentu kita sudah tidak asing lagi, buah ini dengan mudah bisa kita temukan, dan dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Semangka atau Citrullus lanatus adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah di Afrika bagian selatan, dan semangka suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae.

Buah semangka memiliki kulit yang keras dan berwarna hijau tua atau hijau  muda, daging buahnya terdapat warna merah dan berwarna kuning. 

Semangka mengandung mineral tinggi, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Kandungan air yang di milki buah semangka lebih tinggi dari pada buah – buah lain yaitu 90% dari total nutrisi buah.


Semangka Water Melon
Source image: Pixabay.com

Semangka dapat di konsumsi dengan memakan langsung atau di buat minum jus, dan bisa di olah menjadi berbagai macam sajian. 

Jenis-Jenis Semangka yang di Budidayakan

1. Sweet beauty
Semangka sweet beauty ini mempunyai ciri-ciri pada kulit buahnya yang sangat tebal, dengan kulit tebal tersebut semangka jenis ini sangat tahan terhadap tekanan, daging buahnya berwarna merah dan kulit buah berwarna hijau muda. 

2. New Dragon
Semangka Dragon berbentuk bundar lonjong dengan ukuran lebih besar dari semangka jenis sweet beauty dan daging buahnya berwarna merah, kulit buahnya tebal sehingga tahan terhadap benturan. 

3. Yellow baby
Bentuk semangka ini oval atau lonjong dan kulitnya berwarna hijau muda sedangkan daging buah berwarna kuning, mempunyai kandungan air yang banyak.

4. Semangka Sengkaling
Bentuk semangka ini oval dan memiliki garis tipis memanjang berwarna hijau tua. Daging buahnya berwarna merah cerah, rasanya manis dan memilki banyak biji. Buah semangka ini berasal dari daerah Sengkaling, malang Jawa Timur.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Buah semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain enak dinikmati, semangka menyimpan kandungan yang memiliki manfaat beragam.

Manfaat buah semangka sangat baik bagi tubuh yang berperan untuk membantu kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh. Buah Semangka adalah anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani  yang mengandung kalium, protein, vitamin A, B6, C, E, dan K, dan memiliki kandungan senyawa zat besi, sodium, mangan, dan banyak kandungan lainnya.

Baca Juga:

Terdapat Manfaat pada buah semangka berguna bagi kesehatan tubuh, Simak uraian berikut ini;

1. Obat Kuat Alami
Peneliti Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily, bahwa dengan mengkonsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat kuat,

2. Meremajakan Kulit
Buah Semangka dapat di jadikan sebagai masker yang bermanfaat untuk meremajakan kulit yang kusam, sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati,

3. Pencegahan Sariawan
Mengkonsumsi semangka terdapat banyak air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biaknya bekteri di mulut. Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Hindari makanan yang pedas dan asam agar bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan,

4. Otot Nyeri
Dengan mengkonsumsi Semangka secara rutin kandungan asam amino L-citrulline pada semangka dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet,

5. Mengurangi resiko Hipertensi dan Stroke
Buah semangka mengandung Karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi, dengan mengkonsumsi Semangka secara rutin. Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung,

6. Meningkatkan Produksi Sperma
Semangka memiliki kandungan Vitamin B12 dan asam folat, bermanfaat untuk pembentukan materi genetik, sehingga baik untuk memperbaiki sperma abnormal serta meningkat kan jumlah dan kemampuan gerak sperma,

7. Meningkatkan Kesehatan Prostat pada Pria
Semangka mengandung lycopene tinggi ketimbang, kandungan tersebut dipercaya memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat,


8. Memelihara Kelembapan Kulit
Buah Semangka memiliki kadar air yang melimpah, sehingga dengan mengkonsumsi buah semangka dapat memberikan kelembapan kulit serta menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Dengan rutin mengkonsumsi buah semangka akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel