Welcome


   

TIPS Cara Memperbaiki Sendiri Sofa Lama yang Rusak

Sofa merupakan tempat yang slalu di menjadi tempat kita menerima tamu, duduk bersama keluarga atau kerabat dan teman sahabat.
Kerusakan yang sering terjadi pada sosa adalah busa yang amblas, dengan kain yang mulai pudar bahkan sobek, serta warna furniture sudah mulai pudar dan kusam. 

Kerusakan pada sofa selain secara pandangan mata kurang indah juga berpengaruh dengan kenyamanan nya.


perbaikan sendiri menghemat biaya
Source Photo: freepik.com

Kerusakan di sebabkan karena usai pemakaian yang cukup lama sehingga mengalami beberapa kerusakan atau dalam kondisi yang kurang bagus untuk di pandang.

Kalau untuk perbaikan di bengkel furniture yang umum di kerjakan adalah mengganti sarung, pembuatan bantal sofa, perbaikan kayu dan pengecatan ulang

Untuk harga biasanya di hitung berdasarkan tingat kesulitan dari pekerjaan, jenis bahan baku. Terutama bila furniture dari bahan kayu jati atau kayu yang terbilang mahal. 

Untuk kerusakan yang biasa mungkin bisa saja alternatif lain kita kerjakan sendiri diri di rumah untuk mengisi waktu bersama keluarga, sekalian berhemat untuk biaya ongkos perbaikan di bengkel.

Berikut Tips Perbaikan sofa

Sofa yang mengalami kerusakan tidak terlalu parah, bisa kita perbaiki sendiri dengan mempersiapkan peralatan yang di butuhkan. Berikut berapa langkah yang bisa di ikuti ketika akan memperbaiki sofa.

Membokar Penutup Sofa atau slipcover
Lakukan pembongkaran pembungkus sofa dan keluarkan semua busa yang ada di dalam hingga tampak bagian kerangka sofanya. Sebaiknya pembungkus sofa di ganti dengan yang baru agar terlihat lebih baik dengan tampilan baru. 

Bila tidak memiliki kemampuan menjahit, untuk slip cover atau pembungkus sebaiknya di bawa ke tukang jahit dengan membawa contoh cover yang lama dan bahan yang sudah kita persiapkan.

Kerangka Sofa
Periksa struktur atau kerangka sofa bila di temukan sudah dalam kondis rusak dan patah sebaiknya di ganti dengan baru saja, karena sulit untuk di perbaiki dan juga butuh waktu untuk proses perbaikannya. Bila hanya rusak atau retak bisa di lakukan perbaikan.

Karet Penahan Busa
Pada kerangka sofa terdapat karet tempat untuk meletakkan busa di atasnya, agar bisa menahan jok dan memikili daya dorong atau membal. Pastikan karet masih dalam kondis baik, sebaiknya di ganti dengan yang baru bila sudah kendur atau putus. 

Busa Jok
Busa bila sudah kondisi tipis dan mengecil, sebaik nya di ganti agar nanti sofa diduduki tersebut akan terasa nyaman. Untuk bantal sofa  sebaiknya di tambahin dengan dakron agar bisa membal kembali sama ketika pertama membeli sofa tersebut.

Finishing
Untuk finishin sofa terdapat dua macam tipe dop dan kedua tipe mengkilap atau glossy. 
Kita juga harus mengetahui jenis finishing apa yang cocok dengan furniture kita, dan keselarasan dengan sarung atau slip cover sofa nya.

Semoga artikel ini cara memperbaiki sofa dapat memberikan manfaat ketika akan melakukan perbaikan sofa sendiri di rumah, sehingga bisa membayangkan proses perbaikan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel