Welcome


   

Makanan dan Minuman Khas Lebaran di Daerah Indonesia

Hari raya idul Fitri merupakan hari kemenangan umat Islam setelah sebulan penuh melaksanakan puasa di bulan ramadhan.

Di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangannya dengan bermacam cara dan tradisi. Makanan dan minuman merupakan tradisi yang selalu ada dan tersedia dalam beragam bentuk dan rasa. 


Pada hari raya idul fitri di banyak negara memasak makanannya dengan berbagai cara yang berbeda, namun dengan makanan tersebut bisa menyatukan orang dari berbagai daerah, saling berbagi dan saling memaafkan. 

Di Indonesia banyak memiliki makanan dan minuman yang special ketika merayakan lebaran. 

Hidangan Spesial Lebaran 

Negara kita memiliki banyak special hidangan ketika merayakan lebaran. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, baik makanan maupun minuman. 
Namun secara menyeluruh masyarakat Indonesia mempunyai beberapa kesamaan ketika merayakan lebaran bersama keluarga, ada makanan yang identik dan selalu hadir tiap tahun pada momen lebaran.

1. Makanan Khas

Setelah selesai berpuasa ramadhan selama sebulan penuh, tentu kita akan bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, kerabat dan teman-teman. 
Makanan khas lebaran ini 



khas indonesia selalu tersedia ketika hari raya idul fitri

Ketupat dengan Opor Ayam
Beberapa dari kita ketika selesai puasa, selera makan nasinya bisa saja berkurang, Ketupat dengan kuah opor ayam merupakan satu pilhan terbaik, sebagai pengganti nasi.

Ketupat terbuat dari beras yang di bungkus dengan anyaman daun kelapa muda, membuat ketupatnya menjadi padat dan mempunyai citra khas dari hasil rebusan daun kelapa tersebut.

Rendang Sapi
Makanan satu ini sudah tidak asing lagi dengan kehidupan kita, rendang yang berasal dari olahan bumbu khas sumatera barat selalu hadir di setiap momen hari raya. 
Bisa di makan dengan nasi, ketupat tentu makin menggugah selera makan kita. 
Daging rendangnya bisa juga di ganti dengan rebusan telur puyuh dan di campur dengan kentang.

Sambal Goreng Ati dan Kentang
Sambal ini menambah variasi rasa ketika menyantap ketupat atau dengan nasi, sebagai pelengkap rasa. Sambal goreng makin nikmat di campur dengan kentang. 

Sate Ayam Bumbu Kacang
Makanan khas indonesia satu ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi, di bakar menggunakan api yang berasal dari arang. Rasa dan aroma khas dari hasil pembakaran makin menggugah selera. 

Sate kemudian di siram dengan bumbu pedas terbuat dari kacang, potongan bawang merah dan cabe. Hidangan sate bisa menjadi pilihan menu utama ketika lebaran tiba menyambut tamu dan kerabat.

2. Minuman Special

Selain makanan tentu minuman menjadi pelengkap kemeriahan di hari raya, di sajikan dengan warna dan rasa yang unik. 

Es Buah Campur
Minuman ini di buat dari campuran berbagai  buah, seperti apel, nanas, melon, semangka atau apa aja sesuai dengan selera, di tambah denga air gula dan es, makin membuat kesegaran. 

Es Mentimun
Selain di buat lalapan, mentimun juga bisa di jadikan minum yang cukup menyegarkan. Untuk buah bisa juga di tambah dengan Melon agar menambah variasi rasa. Di campur denga air sirop dengan berbagai pilihan rasa, di aduk dengan es dan selasih. Kesegaran dan manfaat mentimun luar biasa.

Es Cendol
Minuman ini sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia, cendol di campur dengat dawet, buah kolang kaling dengan rasa manis dari air sirop atau gula merah atau susu. Cendol dan dawet banyak di jual di pasar tradisioanl. 

3. Kue Special

Selama lebaran tersedia berbagai macam kue kering yang di kemas dalam stoples dengan rapi. Ada beberap kue kering yang kebanyakan di rumah-rumah selalu tersedia.


beragam kue yang tersedia di hari raya idul fitri

Kue Nastar
Kue Nastar di bulan puasa dan lebaran banyak di cari oleh pembeli, dengan rasa yang legit dan tektur nya yang lembut membuat kue ini enak dan banyak di minati

Kue Putri Salju
Ciri khas kue ini adalah lembut serta lumer di mulut, menjadikan kue putri salju menjadi salah satu favorit ibu-ibu untuk menyediakannya di momen hari raya. 

Kue Kastengel
kue kering ini banyak di jual di toko-toko ketika akan menjelang hari raya. Kue kastengel di buat dengan bahan dasar keju sehingga rasa nya gurih dan tektur nya lembut

Keripik Kembang Goyang
Kue ini berbahan dasar tepung beras dan di campur dengan telur dan bahan lainnya. Denga bentuk kembang yang unik, kue ini menjadi salah satu favorit ketika merayakan lebaran, karena rasanya gurih, manis dan tektur yang renyah

Masih banyak lagi kue, minuman dan makanan yang menemani kita setiap merayakan lebaran. Setiap daerah juga memiliki makanan khas yang memiliki citra rasa, dan bentuk yang beragam.

Sekian artikel tentang makanan dan minuman khas lebaran di Indonesia, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel