Welcome


   

Cara Mudah dan Efisien membersihkan Kaca jendela Rumah

Kaca jendela kotor tentu saja akan mengganggu pemandangan dan kurang enak di pandang mata. Sebaiknya di bersihkan setiap waktu beberapa minggu agar kaca tetap dalam kondisi bersih.

Sebelum membersihkan kaca sebaiknya di persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan peralatan yang di butuhkan.

Ada berapa bahan dan cara untuk membersihkan kaca, agar dapat mampu menghasilkan kotoran debu maupun bercak-bercak  yang menempel pada kaca.

menggunakan bahan bahan yang terdapat di rumah


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan kaca dengan memanfaatkan peralatan dan bahan-bahan yang sudah ada di rumah kita.

Yang Perlu di perhatikan sebelum Membersihkan Kaca

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum membersihkan kaca;
  1. Usahakan menyiram kaca dengan air bersih atau cairan lainnya dari posisi atas ke bawah, agar air mengalir ke bagian bawah
  2. Agar bisa menjangkau sudut-sudut kaca dapat menggunakan cotton-bud
  3. Untuk menghilangkan goresan halus pada permukaan kaca dapat menggunakan pasta gigi, dioleskan kemudian di gosok-gosok memutar
  4. Sebaiknya membersihkan kaca pada saat cuaca tidak terlalu panas, ketika cuaca dalam kondisi sejuk, karena terlalu panas kaca akan cepat mengering, mengakibatkan goresan kecil atau halus pada kaca.

Beberapa Cara Membersihkan Kaca

Berikut ada beberapa bahan-bahan yang bisa di manfaatkan untuk membersihkan kaca;


1. Cuka Putih
Cuku putih yang ada di dapur mengandung asam asetat sekitar 45-7%, selain di pergunakan untuk memasak.Dengan rasa yang agak pekat cuka ini bisa di pergunakan untuk membersihkan kaca.

Bahan yang di perlukan
- Cuka Putih
- Mangkuk
- Kain Lap
- Air Hangat

Caranya masukkan air hangat sekitar 500 ml kedalam mangkuk, kemudian tambahkan cuka putih sebanyak 2 sendok makan, aduk sampai merata.

Oleskan air cuka tersebut ke permukaan kaca dengan menggunakan kain lap. Diamkan hingga mengering, Selanjutnya kaca bisa di bersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus atau kain mikro fiber


2. Pemutih Pakaian
Pemutih pakaian mengandung 5% Nartium Hipoklorit (NaCIO) sebagai pemutih atau desinfektan.

Bahan yang di pergunakan
- Pemutih pakaian 
- Mangkuk 
- Air bersih
- Window Squeeze (alat pembersih kaca)

Caranya tuangkan pemutih pakaian secukupnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi air. Semprotkan air tersebut pada permukaan kaca, selanjutnya pergunakan window squeeze atau alat pembersih kaca yang terdapat karet untuk menguas air dari atas ke bawah. Kemudian gosok permukaan kaca dengan menggunakan kain lap kering hingga kaca kelihatan bersih.

3. Air Soda
Air soda atau air berkarbonasi bisa di pergunakan juga untuk membersihkan kaca yang terdapat jamur.

Bahan yang di pergunakan
- Pemutih pakaian
- Air soda atau air berkarbonasi
- Kain lap

Cara nya membersihkannya sama dengan sebelumnya, semprotkan air soda ke permukaan kaca, lalu gosok secara berlahan kaca dengan menggunakan kain lap bersih atau mikro fiber. Bila memakai air soda tidak perlu lagi di campur menggunakan air bersih.

4. Kertas Koran Bekas
Apa bila tidak tersedia kain mikro fiber bisa menggunakan kertas koran bekas.

Bahan yang di pergunakan
- Kertas Koran bekas
- Air bersih

Caranya Siram air ke permukaan kaca secara merata, celupkan kain koran ke dalam air bersih, selanjutnya gosok-gosokkan ke permukaan kaca perlahan. 
Setelah kelihatan bersih kemudian pergunakan kertas koran yang kering agar permukaan kaca betul-betul kering dan bersih.

Sekian postingan tentang cara mudah dan efisien memberishkan kaca jendela rumah. Semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel