Welcome


   

Melakukan Beragam Kegiatan Dirumah Selama Wabah COVID 19

Ada manfaat yang bisa dapatkan selama tinggal di rumah karena pandemi covid 19 mewabah di seluruh dunia, khusus nya di Negara kita Indonesia. 
Mungkin selama ini kita jarang punya waktu dengan keluarga dengan anak-anak, saatnya inila kita bisa berbagi kebersamaan. 

Untuk anak-anak selama pandemi ini tetap melakukan kegiatan belajar secara online, bahkan ujian kenaikan secara online, membuat tugas-tugas untuk semua mata pelajaran. Walaupun tidak mudah untuk belajar dari rumah tanpa bertatap muka langsung, akan tetapi masalah tersebut tidak menjadi penghalang untuk terus berkegiatan.  


membuat origami playdough melukis


Sebagian orang tua juga melakukan pekerjaan kantornya dari rumah dan di tambah dengan rutinitas mengurus anak dan kebutuhan rumah tangga.

Sebagai orang tua harus pandai-pandai mengatur waktu dan kegiatan agar anak anak tidak merasa bosan selama berada di rumah. Bisa mencarikan beragam aktivitas yang menyenangkan dan sekaligus bisa menambah pengetahuan untuk anak.

Bila tanpa kegiatan yang bervariasi dan memberi kesenangan maka anak anak akan mulai merasa bosan, akhirnya membuat mereka mulai tidak terkontrol secara emosional. 

Aktivitas yang di lakukan bisa bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang berada dalam rumah, seperti orang tua, asisten rumah tangga, pasangan suami istri. 

Selain kegiatan rutin mereka belajar ada beberapa kegiatan yang bisa di lakukan di rumah yang memberikan kesenangan selama tinggal di rumah.

Rekomendasi Kegiatan yang bisa di lakukan di rumah 


1. Membuat Playdough atau Plastisin

Permainan dengan playdough atau plastisin sudah tidak asing bagi anak-anak. Banyak tersedia di toko mainan maupun di mall. Namun kali ini kita akan membuat nya sendiri, untuk mengisi waktu agar lebih asik. 

Alat-alat  yang di perlukan:
Sendok untuk mengaduk
Mangkuk atau Wadah besar untuk mengaduk
Sarung tangan berbahan plastik atau karet

Bahan-Bahan untuk membuat playdough:
Air putih 1 Gelas  
Garam dapur 1-1/2 
Minyak Goreng 2-4 sendok makan
Pewarna Makanan 3 tetes (Sesuai selera)

Cara membua:
Masukkan air kedalam mangkuk, kemudian di tambahkan dengan pewarna makanan, garam dan terakhir minyak goreng sebanyak 2 sendok makan. Aduk perlahan hingga merata. 

Untuk minyak goreng bisa di tambahkan bertahap bila bahan nya makin menggempal dan mengering.
Setelah jadi maka playdough atau plastisin di masukkan ke dalam wadah yang kedap, agar menjaga tetap lembut dan mudah untuk di bentuk.

2. Mengambar atau melukis
Kegiatan menggambar atau melukis bisa juga di jadikan satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama tinggal dirumah. 
Anak anak bisa melatih imajinasinya untuk membuat sebuah gambar di atas kanvas atau kertas gambar

Bahan yang di butuhkan:
Kertas Gambar atau Kanvas
Pensil warna atau cat lukis kanvas
Siapkan tema atau contoh gambar yang akan di lukis, atau biarkan mereka membuat gambar sesuai dengan keinginan mereka

3. Seni Origami
Seni origami boleh juga di jadikan rekomendasi untuk mengisi kegiatan anak anak dan orang tua selama di rumah.
Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari jepang. "Ori" artinya Lipat dan Kami bearti "Kertas" seni melipat kerja yang akhir nya menjadi berkembang dan sampai ke negara kita.

Manfaat origami untuk mengembangkan otak motorik, melatih kerja terampil  dan lebih sabar dengan lipatan-lipatan yang kecil dan di tekan dengan halus.

Bahan yang di butuhkan:

Persiapkan buku contoh atau panduan cara membuat Origami

Untuk kertas yang di pakai membuat Origami adalah KAMI berukuran 2.5 cm  hingga 25 cm.
Washi kertas tradisional jepang yang umum di pakai untuk membuat origami.

Untuk mengisi waktu di rumah membuat origami bisa di ganti dengan kertas HVS atau polio, dengan biaya murah namun tetap bisa memberikan manfaat.

Sekian artikel cara beragam kegiatan untuk mengisi waktu selama di rumah. Semoga bisa memberikan manfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel