Welcome


   

TIPS-Tentang Keselamatan Kerja-Safety

Di dunia Kerja apapun bidangnya seperti; jasa Construction, pemasangan instalasi listrik, Project onshore, project offshore (kerja dilaut), fabrikasi pipa, steel works, penggalian tambang dan apapun jenis profesinya tetap dibutuhkan pengendalian bahaya yang dapat muncul di tempat kerja.

Ditempat kerja terdapat persyaratan, peraturan-peraturan yang harus diikuti sewaktu menjalankan pekerjaan. Kepatuhan dalam menjalankan peraturan-peraturan ini akan mengendalikan dan atau menghilangkan bahaya, sehingga menjamin tersediannya tempat kerja yang aman untuk seluruh pekerja.


Wajib mematuhi peraturan keselamatan kerja


Jangan pernah menggampangkan pekerjaan dan mengabaikan keselamatan diri, orang lain dan peralatan kerja, selalu pergunakan prosedur kerja yang benar.

Resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, penerapan peraturan keselamatan kerja sangat penting untuk menghindarkan kita dari bahaya-bahaya ketika sedang bekerja.

Peraturan Keselamatan Kerja

Idealnya perusahaan tempat kita bekerja harus memberdayakan karyawan, termasuk subcontructor, vendor ataupun claint (owner) untuk melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan peraturan keselamatan yang berlaku dimana kita bekerja.
  • Bila pekerjaan dengan kondisi yang dianggap tidak aman, maka pekerja mempunyai hak untuk menghentikan pekerjaanya
  • Analisa dan pelajarilah kondisi dan keadaan sebelum kita memulai pekerjaan
  • Semua pekerjaan harus di laksanakan secara selamat, tanpa terjadi kecelakaan kerja
  • Semua pekerja harus mengikuti peraturan dan termasuk semua kebijakan yang di berlakukan di lingkungan perusahaan
  • Perusahaan idealnya harus memberikan fasilitas dan kelengkapan pendukung untuk keselamatan
  • Timbulkan kesadaran bahwa keselamatan adalah bagian dari kita sebagai pekerja
Dengan mematuhi peraturan keselamatan kerja yang berlaku pada perusahaan tempat kita bekerja, di harapkan dapat semaksimal mungkin terhindar dari kecelakaan kerja.

Selalu pergunakan Alat pelindung diri (APD) yang standard dan yang sudah di tentukan oleh perusahaan.

Lakukan analisa terhadap resiko pekerjaan yang akan kita lakukan, persiapkan peralatan dalam kondisi baik. Jangan kerjakan pekerjaan yang bukan menjadi bagian dan bidang kita.

Selalu jaga komunikasi dengan rekan kerja, perhatikan rambu atau tanda-tanda yang ada di sekitar lingkungan kita bekerja. 

Bila ragu dengan pekerjaan kita, laporkan segera dengan atasan dan lakukan diskusi, agar jelas dengan tugas yang akan di kerjakan.

Ciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan bebas dari potensi-potensi  bahaya yang akan berakibat fatal.

Sekian artikel tentang keselamatan kerja ini, semoga bisa memberikan manfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel